Penjelasan Tentang GPS


Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.

Nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (Navigational Satellite Timing and Ranging Global Positioning System; ada juga yang mengartikan “Navigation System Using Timing and Ranging.”) Dari perbedaan singkatan itu, orang lebih mengenal cukup dengan nama GPS.

GPS mulai diaktifkan untuk umum 17 juli 1995.
(sumber)


Kendaraan yang dimonitor dipasangi suatu alat yang disebut Vehicle Tracking Device. Alat ini menggunakan sensor GPS untuk mengetahui posisi, kecepatan, dan arah kendaraan tersebut.
Pengguna tinggal mengirimkan SMS atau miss-call ke Vehicle Tracking Device. Tunggu beberapa saat, maka alat akan mengirimkan SMS ke pengguna yang berisi informasi lokasi terakhir, kecepatan, dan arah.
Pengguna dapat mengetahui dimana lokasi kendaraan tersebut pada peta yang kami sediakan disini atau melalui aplikasi Google Map / Earth. Lihat pada bagian atas website ini, masukkan kode koordinat latitude dan longitude, klik OK, maka akan terlihat posisi kendaraan di atas peta.
tempat memasukkan lokasi korrdinat alat yang dipantau
Jika fitur GPRS diaktifkan, realtime car gps trackingmaka data pada kendaraan tersebut dikirim oleh alat ke Server melalui media komunikasi GPRS di atas jaringan GSM. GPRS digunakan sebagai media komunikasi karena memiliki kelebihan dalam hal biaya operasional rendah dan reliabilitas pengiriman data yang tinggi. Server kemudian merekam dan menganalisa setiap data posisi yang dikirim oleh kendaraan. Server ini akan menyediakan infromasi bagi Pemakai melalui aplikasi Google Earth versi desktop, web, atau bahkan PDA dan smart phone.
replaying car tracksServer juga berfungsi untuk mengirim alert baik kepada user yang sedang di kendaraan maupun kepada pemilik kendaraan tersebut melalui SMS.
Pemakai dapat melihat posisi dan rute kendaraan dalam bentuk peta. Pemakai juga dapat melihat laporan, hasil analisa dan melakukan setting ke Vehicle Tracking Device baik melalui aplikasi client maupun dari web. (sumber)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori INTERNET / KOMPUTER / Teknologi dengan judul Penjelasan Tentang GPS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2012/07/penjelasan-tentang-gps.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Sabtu, 28 Juli 2012

2 komentar untuk "Penjelasan Tentang GPS"

  1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih artikel mengenai 'GPS', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6786/1/Rancangan%20Sistem%20Informasi.pdf
    terimakasih

    BalasHapus