Catatan Magang : CCNA (Cisco Certified Network Associate)

Hmm… Pertamanya Ane minta maap niih sama temen2 en sama Guru ane juga (Pak Juned), karena untuk pertama kalinya Ane telat nge-post tentang laporan magang Ane selama 2 minggu yang lalu,, karena hari minggu semalem Ane lagi sibuk en gak sempat buat nge-post,, sekali lagi Ane minta maap. Yasudahlah, materi yang akan Ane bahas sekarang adalah tentang Cisco Certified Network Associate (CCNA).
Ane dapet pengetahuan tentang ini dari pembimbing Ane (Dipa Pintadi), karena katanya Dia akan mengikuti test CCNA di Jakarta abis lebaran nanti, tapi sebelum Dia pergi en sebelum Ane selesai magang, Ane gak mau nyia-nyia’in itu buat nanya – nanya sama pembimbing Ane. Hmm… CCNA adalah salah satu pintu gerbang dalam seri sertifikasi networking yang dikeluarkan oleh Cisco Systems. Level sertifikasi di Cisco niih ada tingkatan – tingakatannya, mulai dari Entry Level, Associate, Professional, dan Expert. Setelah CCNA, tingkat selanjutnya adalah CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan setelah itu ada CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional), en yang paling puncak adalah CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).
Banyak kan ??? Ya gitulah,, Tapi untuk tidak memperpanjang pembahasan kali ini, Ane gak akan membahas semuanya, Yaaa paling tidak Ane menyinggung dikit aja deh,, karena yang akan Ane bahas mendalem adalah tentang CCNA,, Lanjuuuuut… Seorang bersertifikat CCNA memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan dasar untuk instalasi, konfigurasi, mengoperasikan dan memecahkan permasalahan (troubleshooting) pada LAN, WAN serta termasuk didalamnya penggunaan protokol seperti: IP, EIGRP, OSPF, Serial, Frame Relay, IP RIP, VLAN, VTP, RIP, Ethernet, Access Lists.
Setelah kurikulumnya di update , untuk mendapatkan sertifikasi CCNA bisa dilakukan dengan dua cara:
1.       Lulus ujian 640-882 ICND1 (Interconnecting Cisco Networking Devices Part 1) dan 640-816 ICND2 (Interconnecting Cisco Networking Devices Part 2) , atau
2.       Lulus ujian composite 640-802 CCNA
Tinggal pilih yang mana yang lebih bersahabat, kalo pilihan no.1 kita diwajibkan untuk ikut ujian 2 kali, tapi lingkup materinya terbatas disbanding dengan no.2, tapii… pilihan no.1 sepertinya tidak bersahabat dengan saku, karena kita harus bayar biaya ujiannya 2 kali. Hmmm… Tinggal pilih aja deh…
Lanjuuut, Sertifikat CCNA bertahan atau memiliki umur 3 tahun, setelah itu Sertifikat itu tidak berlaku lagi, sama seperti SIM, sertifikat CCNA dapat diperpanjang. Untuk memperpanjang masa aktif dari sertifikat CCNA dengan mengikuti ujian CCNA 640-802 atau ICND2 640-816. Cara lainnya untuk memperpanjang sertifikasi CCNA yang dimiliki dengan cara lulus salah satu ujian CCNA spesialiasi (wireless, voice, security) atau lulus ujian modul 642 – XXX professional level.  Ujian sertifikasi CCNA 640-802 dengan waktu ujian 120 menit untuk menyelesaikan +/-5o soal ujian. Ujian tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang. (Yang ini Ane kutip dari KASKUS).
Berikut adalah pengalaman dari Instruktur IT di Jogja yang bernama Bpk.Taufiq yang sudah mengikuti ujian CCNA, bahkan sekarang dia sudah mendapatkan sertifikat CCNP dan sedang mengikuti ujian CCIE. Tapi karena Ane nanya – nanya tentang CCNA, jadi inilah sedikit pendapat beliau tentang CCNA :
  • Waktu ujian 120 menit, namun karena bahasa native Indonesia bukanlah bahasa Inggris jadi ditambahin waktunya 30 menit. Jadi total waktunya 150 menit
  • Biaya ujian CCNA (604-802CCNA) $295, Kalau kamu terdaftar sebagai salah satu siswa Cisco Network Academy dapat voucher juga koq sekitar 58%, digabung dengan biaya training CCNA maka ujiannya gratis :).
  • Soal ujian sekitar 50 soal, dengan soal lab +/- 3 soal dan sisanya soal teori. Meskipun soal lab hanya 3 namun bobot nilainya gede lhoh, sekitar 60-70% .
  • Pengalaman 2 kali ujian CCNA, soal simulation lab yang populer keluar adalah mengenai EIGRP, ACL, dan NAT. Kalau soal simletnya mengenai VTP . Kenapa EIGRP n VTP sering keluar ya ? mungkin karena itu protokol hanya cisco yang support :)
  • Nilai minimal lulus sertifikasi CCNA adalah 825 dari maksimum nilai 1000.
  • Belajar mengenai materi CCNA, tapi belajar dari kurikulum E-Learning CCNA Cisco Networking Academy, untuk bisa mengakses kurikulum tersebut kita harus terdaftar sebagai siswa Cisco Networking Academy .
  • Selain Hands on Lab , tools yang bisa digunakan untuk praktek latihan konfigurasi adalah Cisco Packet Tracer.
  • Pada soal lab simulasi usahakan jangan terlalu menghabiskan banyak waktu, kalau bisa sih dibawah 15 menit. Untuk soal teorinya usahakan masing-masing soal dibawah 3 menit. Kita tidak diberikan kesempatan untuk go back ke soal sebelumnya jika kita lupa atau tidak menjawab, jadi pastikan setiap soal terjawab ya sebelum melangkah ke soal selanjutnya.
  • Pada saat ujian kita diberikan kertas yg bisa dihapus sebagai alat bantu. Saat ujian waktu itu saya manfaatkan kertas itu untuk menuliskan dan menghitung mengenai IP subnetting.
  • Usahakan datang ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum jadwal.
Hmmm… gimana ??? sedikit terbantukah ??? hahaha… itu Ane kutip dari E-Mail Bpk.Taufiq yang dikirim ke Ane. Untuk dapat ujian CCNA kita tidak perlu mengikuti pelatihan apapun jika sudah merasa siap dan mampu. Jika masih butuh tambahan pengetahuan ada tiga jenis pelatihan yang bisa kita pilih dan ikuti untuk mempersiapkan diri dalam ujian mendapatkan sertifikasi CCNA.
  1. Mengikuti pelatihan persiapan ujian CCNA 640-802 dari lembaga-lembaga pelatihan yang mengadakan
  2. Mengikuti pelatihan persiapan ujian ICND1 640-822 dan ICND2 640-816
  3. Mengikuti pelatihan CCNA (semester 1-4) sesuai dengan kurikulum Cisco Networking Academy Program (CNAP). Jalur ini sering disebut dengan jalur akademi, pemahaman lebih komprehensif dan ilmu yang didapat relatif lebih matang. Permasalahannya mungkin adalah waktu belajar relatif lebih lama. Hubungi Local Academy (LA) Cisco di wilayah anda untuk mengikuti program pelatihan CNAP.
Yang diatas juga Ane kutip dari E-Mail Bpk.Taufiq ke Ane… Hmm… mungkin Cuma itu yang bisa Ane Sharing ke teman – teman tentang CCNA. Semoga bermanfaat en Terimakasiiih…
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Catatan Magang / INTERNET / KOMPUTER dengan judul Catatan Magang : CCNA (Cisco Certified Network Associate). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2012/05/catatan-magang-ccna-cisco-certified.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Senin, 28 Mei 2012

1 Komentar untuk "Catatan Magang : CCNA (Cisco Certified Network Associate)"