Assalamu’alaikum wr.wb, selamat pagii semuanya, Hmmm… dapet tugas dari guru sekolah untuk buat postingan tentang rangkuman kegiatan magang, hadeeeh.. sempat bingung juga niih mau buat apa, coba nyari – nyari materi yang udah dipelajari di tempat magang, ncari – cari ilmu lagi, hmmm…. Yaa sedikit – banyaknya dapet lah,.. Oh iya lupa, Ane belom bilang yaa, kalo Ane magang dimana ???, hehehe kebetulan Ane magang ditempat Ane magang diperiode pertama, di PT.Sumatera Riang Lestari (BU. IndraFiber dan KamparFiber), termasuk perusahaan besar juga didaerah Ane, perusahaan ini bergerak dibidang Plantation dan Harvesting, atau kata lainnya bergerak dibidang Tata Usaha Kayu (Pulp and Paper). Banyak juga sih yang Ane pelajari dari perusahaan ini, lebih tau gimana dunia kerja, gimana persaingannya, administrasi kantor en bisa ketemu langsung sama troubleshooting – troubleshooting en mencari solusi langsung ditempatnya. Pernah bingung juga sih ngadepin troubleshooting2 yang ada dikantor, tapi untung aja ada pembimbing, jadi bisa share ilmu deh sama pembimbing. Hehehe Yasudhlah, udah kepanjangan pembukaannya nih, langsung aja deh, Ane bahas tentang :Pengenalan IT Infrastructure Baru:, yang sudah Ane rangkum selama 2 minggu Ane magang diperusahaan ntuh :
PENGENALAN IT INFRASTRUCTURE BARU
1. Profile SDU
2. Administrasi
3. PC Support
4. Networking
5. PABX
1. Profile SDU
- SDU merupakan bagian dari pada Group RGMI (Raja Garuda Mas Indonesia) yang bergerak dibidang Plantation dan Harvesting, fungsi dan tujuannya adalah :
· Support bahan baku untuk Mill Pulp & Paper
· Plantation à Pembukaan lahan, Pembibitan (Nursery), Penanaman, Maintanance. Dept terkait (Land Dispute, Humas, Planing, CD, IT)
· Harvesting à Identik dengan Produksi Kayu (Pembukaan Lahan, Penebangan, Penumpukan Kayu, Administrasi Kayu, Pengangkutan Kayu ke Mill). Dept terkait (IT, TUK, Planing, Root Contraction, LD, Humas, Dinas/Kanwil Kehutanan)
- SDU – Sola Membawahi 3 Fiber :
· DumaiFiber
· IndraFiber
· KamparFiber
- DumaiFiber-Kantor HO di Kotapinang dan terdiri dari beberapa Site (Sektor), yaitu :
· SR – Seikabaroh
· SRL – Garingging
· SRL – Rupat
· SSL – Pasir Pangaraian
· SSL – Padang Lawas Selatan
· SSL – Padang Lawas Utara
· PAL – Libu
- IndraFiber-Kantor HO di Kerinci dan terdiri dari beberapa Site (Sektor), yaitu :
· Sijunjung
· Peranap
· Bayas
· Merbau
· Nagodang
- KamparFiber-Kantor HO di Kerinci dan terdiri dari beberapa Site (Sektor), yaitu :
· Seraya
· Futong
· Rangsang
· Serapung
Note : Buat laporang Down Time bulanan sesuai dengan Site IT
- Link Failure
- Power Outage
- Buat laporan IT Cost paling lama setiap tanggal 5 berjalan dan Report ke IT Infra Koordinator.
2. Administrasi
IT Infra harus me-manage ruangan dan file serapi mungkin,
- Ruang IT bukanlah gudang
- Ruang IT adalah tempat IT bekerja dan file – file harus tersusun dengan rapi, missal :
· File Inventory Komputer
· File Service Komputer
· File Surat masuk dan surat keluar
· File Invoice Telkom/Metrasat
3. PC Support
Pengelolaan Komputer dan ThienClient setiap hari adalah :
- Menangani computer baru dan computer rusak
· Installasi (Windows, Office, Antivirus McAfee, Daily Software dan Setting IT Policies)
· Host Name
· Join Domain
· Install Printer
· Static IP (bagi PC sector) dan DHCP IP (bagi PC HO)
· Lakukan Test Connection dengan Test Ping LAN Local dan Remote, yaitu :
Local LAN :
§ Ping 172.24.40.1 --> LAN SDU-Sola
§ Ping 172.24.88.1 --> LAN KF
§ Ping 172.24.82.1 --> LAN IF
§ Ping 172.24.126.1 --> LAN Kota Pinang
Remote LAN :
§ Ping 172.24.34.14 --> TS SDU-Sola
§ Ping 172.24.34.36 --> Exchange Server All SDU
§ Ping 172.24.34.11 --> TS Kota Pinang
§ Ping 172.24.34.16 --> TS KamparFiber
§ Ping 172.24.34.17 --> TS IndraFiber
- Komputer Rusak
· Test computer dan hasil Test-nya bias disimpulkan bahwa kerusakannya terjadi pada :
Misalnya : (Power Supply, Mainboard, VGA, Harddisk)
Dan jika sudah terindikasi apa yang rusak maka (kita) IT Infra :
- Segera informasikan ke User
- Segera membuka PR untuk Unit yang rusak
- Follow-Up PR tersebut sudah sampai dimana salinannya dan tanda tangannya
- Repair PC jangan lewat dari 3 x 24 jam
Note : Setiap akhir bulan (Inventory PC, TC, Laptop, UPS, Printer dan Report ke IT Koordinator).
4. Networking
a. Configurasi Cisco Router lama/baru (IT Jakarta)
b. Configurasi Switch lama/baru (IT Jakarta)
c. Installasi Local Server (IT Infra)
d. Installasi catu daya (Kontraktor)
e. Penarikan kabel LAN/Telp/Perpihan Kabel (IT Infra/Kontraktor)
Fungsi dan tujuan IT Infra HO dan Estate (Sektor), yaitu :
- Setiap pagi mesti melakukan Testing Jaringan Local dan Remote seperti yang sudah disebutkan tadi.
- Setiap pagi mesti lakukan Testing Jaringan Site (Sesuai dengan wilayah kerja IT Infra masing)
- Jika terjadi RTO Jaringan Local/Remote atau Estate maka escalasinya adalah sbb :
ü Hubungi IT Infra Koordinator (Bpk.Maryulis)
ü Hubungi PIC Telkom (Bpk.Tamrin)
ü Hubungi PIC IT Jakarta (Bpk.Suryanto Irawan)
ü Hubungi (Bpk.Rudy Kho) jika TS Bermasalah.
- Invevntory bulanan.
5. PABX
Memaksimalkan fungsi Telpon kedalam dan keluar :
- Installasi Billing
- Installasi kabel telpon
- Roset pada ujung kabel
- Pesawat telpon
- Penomoran Ext. (IT Infra/Kontraktor)
- Labeling kabel telpon dan kabel LAN
- Inventory Ext dan perlengkapan PABX
NB : Jika ada masalah hubungi (Bpk.Hartono)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Catatan Magang /
KOMPUTER /
PENGETAHUAN
dengan judul Catatan Magang : Pengenalan IT Infrastructure Baru. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2012/04/catatan-magang-pengenalan-it.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
ANGGY_cB - Minggu, 15 April 2012
Belum ada komentar untuk "Catatan Magang : Pengenalan IT Infrastructure Baru"
Posting Komentar