Cara Sharing Data Di Linux Ubuntu

· Pertama mengecek Lan card yg terpasang pada computer.
· Harus memerlukan 2 komputer untuk sharing data.
· Memerlukan jenis kabel UTP dan konektor RJ-45,menggunakan jenis sambungan crossover.Dan semua peralatan dalam keadaaan normal dan baik.
· Langkah selanjutnya menyetting IP addres nya pada komputer 1 (192.168.1.1) dan komputer 2 (192.168.1.2) cara menyetting IP pada komputer ber OS linux : klik system -> preference -> klik network connections -> lalu pilih auto eth0 -> klik edit -> klik IPv4 settings -> pada method pilih manual -> ketik IP addres dan netmask nya -> klik apply -> lalu isikan passwordnya -> oke.

Selanjutnya menyetting IP addres pada pada komputer ber OS windows : menyiapkan IP yang akan kita gunakan, pastikan tidak ada konflik di antara IP satu komputer dengan komputer yang lain. karena apabila ada konflik atau ada IP yang sama maka tidak akan terkoneksi. Cara setting IP pada windows :klik start, masuk ke control panel -> klik network connection -> klik local area connection -> pada tabGeneral, pilih Internet Protocol (TCP/IP), kemudian pilih properties pada tab General, pilih Use The Following IP Address -> kemudian tinggal kita masukan IP address , nomer subnet mask, dan gateway -> lalu pilih juga Use the following DNS Server address -> kemudian isikan nomer DNS address yang digunakan, lalu preferred DNS server, Alternate server -> kemudian klik Advanced.Pada tab DNS tambahkan/add no DNS server yang tadi anda isikan pada Preferred DNS server, Alternate server, selesai dan ok.
· Kemudian restart network,kalau komputer ber OS linux dengan cara klik applications -> accesories -> terminal -> lalu ketikkan " /etc/init/.d/networking restart " atau kalau komputer ber OS windows bisa merestart komputer seperti biasa.
· Setelah itu mengecek IP yang akan digunakan pada komputer ber OS Linux,dengan cara : klik applications -> accesoris -> Terminal,lalu mengetik ifconfig,maka akan muncul IP nya.Dan mengecek IP yang digunakan pada komputer ber OS windows dengan cara : start -> accesoris -> command promp lalu ketikkan ipconfig maka akan muncul IP yang digunakan.IP pada komputer telah di ketahui.
· Langkah selanjutnya mengecek koneksi.Cara mengecek koneksi dengan cara meng-ping IP pada komputer sendiri/komputer 2 (192.168.1.2) dan komputer 1 (192.168.1) .Cara meng-ping komputer sendiri : klik applications -> accesories -> Terminal -> lalu ketikkan ping 192.168.2 .Jika terkoneksi maka akan muncul balasan "reply".Kemudian meng-ping komputer 1 : klik applications -> accesories -> terminal -> lalu ketikkan ping 192.168.1.1. Jika terkoneksi maka akan muncul balasan "reply"
· Namun pada saat meng pingdari komputer 2 yang ber Os windows ke komputer 1 ber OS linux,tidak dapat terkoneksi.Setelah di amati dari segi hardware ternyata masih dalam kondisi baik/normal,akhirnya di telusuri lagi masalah nya kenapa tidak bisa konek.Setelah di amati,ternyata yang bermasalah dari segi software yaitu kondisi fire wall di komputer ber OS windows yang masih aktif,yang menyebabkan ping tidak terkoneksi.Agar bisa terkoneksi non aktifkan terlebih dahulu firewall / off kan dulu firewall nya, lalu coba meng ping lagi dari komputer 2 ke komputer 1,maka akan terkoneksi.
· Langkah selanjutnya adalah sharing data dari Linux ke windows.Setelah komputer 2 atau komputer ber OS windos dapat meng ping ke komputer 1 yang ber OS linux,Masuk pada windows lalu masuk windows explorer -> Klik kanan pada data yang akan di share -> Pilihsharing and security.
· Pada network sharing and security beri tanda centang (v) di depan share this folder on the network isikan nama data yang akan di share pada share name -> Beri tanda centang (v) juga pada allow network user to chang my files(yang artinya dapat menambah dan mengurangi file-file yang akan di share).
· Sharing data di Linux Ubuntu menggunakan SAMBA
-Memastikan terlebih dahulu Samba sudah terinstall atau belum.Cara menginstall samba dengan masuk ke applications -> ubuntu software center -> get software -> search samba lalu ketik get install -> dan install samba nya.
-Setelah selesai menginstall samba,lalu masuk ke TERMINAL,ketikan sudo nautilus .Contoh seperti gambar di bawah ini :


 lalu ketikkan pasword komputer nya dan masuk ke root -> file browser -> lalu pilih file system -> etc -> samba :
-Selanjutnya klik smb.config :





-Selanjutnya klik smb.config : 
Dan klik kanan file smb.config -> properties -> permission -> lalu edit acces yang tadi nya read only di rubah menjadi read and write -> lalu close.Dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :






 Di dalam file smb.conf ini telah terdapat bagian - bagian konfigurasinya, yaitu dengan tanda (Global), (homes), (printers), dll.
  Untuk (Global), pastikan setting option berikut seperti ini:
(Global)
workgroup = ubuntu → ubah sesuai keinginan
domain logons = No
domain master = No
security = share
Mensetting share yang ingin kamu share, tambahkan di dalam smb.conf:
[Adhi Sanjaya].
comment = tugas sharing data
path = /dokumen/Adhi Sanjaya
read Xonly= yes
browseable = yes
public = yes
Save



Restart Samba di Terminal dg mengetik /etc/init.d/samba restart
- Langkah selanjutnya setalah disave, untuk mengecek apakah sudah berhasil atau tidaknya dishare cek pada Samba, untuk membuka Samba klik System - Administrations - Samba
- Folder sukses tersharing jika terdapat nama folder dan keterangannya...

Semoga bermanfaat Ya ..
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KOMPUTER / LINUX dengan judul Cara Sharing Data Di Linux Ubuntu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2011/08/cara-sharing-data-di-linux-ubuntu.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Selasa, 16 Agustus 2011

3 komentar untuk "Cara Sharing Data Di Linux Ubuntu"