MENGENAL APA ITU SEO

Monday, 28 March 2011 19:55
seoApa itu SEO?
Menurut om wiki SEO (Search Engine Optimization) adalah adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Atau dengan kata lain SEO adalah usaha usaha yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rangking website atau blog kita di mata search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo, MSN dll.

Tujuan dari SEO?
Tujuan dari SEO adalah untuk mendatangkan pengunjung ke dalam sebuah
halaman web melalui search engine dengan menempatkan halaman web tersebut di urutan teratas pada SERPs (Search engine Results pages).

Macam SEO?
Pada dasarnya ada 2 macam SEO, yaitu :
1. Onpage Optimization
Aktivitas on-page SEO ini, yaitu aktifitas SEO yang kita lakukan langsung pada blog atau website kita sendiri. SEO jenis ini berisi tentang teknik-teknik optimasi dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu di dalam website atau blog kita. Misalnya; pemilihan keyword, penulisan judul, memilih nama domain, membuat konten original, penggunan Header Tag dll.
2. Offpage Optimization
Aktivitas off-page SEO ini, yaitu aktifitas SEO ini dilakukan di luar blog kita, misalnya, mensubmit url blog ke search engine, submit ke web directory, bergabung dengan forum, mencari backlink dari blog/website sejenis dan lain2.
Selain itu kita juga butuh yang namanya SEO Servive, adapun Penyedia SEO SERVICE antara lain Google Pagerank, Alexa traffic rank, Website Grader dll. Namun yang saya ingin review adalah Google Pagerank dan Alexa traffic rank. Karena hanya dua SEO service inilah yang banyak dibicarakan orang.

1. Google PageRank
PageRank (PR) adalah metode Google yang menilai pentingnya setiap situs yang diberikan. Pagerank adalah cara Google untuk menentukan pentingnya suatu halaman. Nilai yang diberikan google adalah dari ranking 0 (nol) sampai dengan 10 (sepuluh). Semakin besar rangking nya, semakin baik nilainya.
Bagaimana cara melihat Google Pagerank?
Banyak caranya, diantaranya dengan memasang Google Toolbar pada browser Mozilla Firefox Anda, atau bisa juga memasang / menginstall add-ons pada browser Anda, salah satunya adalah SearchStatus. atau menggunakan tools yang ada di website tertentu yang berfungsi untuk mengetahui Google PageRank suatu blog / website.

2. Alexa Traffic Rank
Rangking dari Alexa pun sebenarnya membawa pengaruh juga dalam memonetize suatu blog selain untuk paid review. Sebelumnya alexa juga memberikan rangking diblog kita, jadi semakin kecil rangking alexa kita, itu semakin bagus. Dan ketika alexa rankblog kita semakin baik, kemungkinan blog kita itu semakin banyak dikunjungi oleh orang. Tapi, kenyataan tidak demikian. Alexa pun tidak selalu menilai atau memberikan rangking suatu blog berdasarkan banyaknya pengunjung secara keseluruhan. Ya, karena alexa sendiri lebih menganggap, atau men-syah kan pengunjung suatu website yang pada browsernya terinstal alexa toolbar atau add-ons dari alexa. Jadi, jika blog kita banyak dikunjungi oleh orang yang menggunakan handphone atau browser yang tidak dipasang alexa toolbar, maka hasil rangkingnya akan lebih baik blog yang sedikit pengunjungnya tapi dikunjungi oleh orang yang menggunakan browser yang telah diinstal alexa toolbar.

Jadi kesimpulanya, Google Pagerank dan Alexa Traffic Rank meskipun keduanya berusaha untuk menilai peringkat situs web. Di sisi lain, mereka sebenarnya memiliki tujuan berbeda, atau dengan kata lain kalau halaman web Google menilai peringkat, popularitasnya dan pentingnya suatu web adalah berdasarkan inbound link sedangkan Alexa rank situs menurut lalu lintas atau banyaknya pengunjung, yang masih secara acak sebagai sampel). Itulah sebabnya mengapa lebih sering keduanya menunjukkan statistik yang berbeda dan bertentangan, khususnya, untuk website yang relatif kecil dan baru.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori TIPS BLOGGER dengan judul MENGENAL APA ITU SEO. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2011/06/mengenal-apa-itu-seo.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Minggu, 12 Juni 2011

Belum ada komentar untuk "MENGENAL APA ITU SEO"

Posting Komentar