MIKROBA DARI VENUS SEDANG MENUJU KE BUMI

rahasia planet venusNgeri deh kalo itu sampai terjadi, mahluk aneh dari Venus akan mesuk ke bumi?. Venus, dengan permukaan yang mendidih-panas, tampaknya tidak mungkin tempat untuk mencari kehidupan. Namun laporan yang baru tidak hanya menyatakan bahwa awan Venus dapat mempertahankan kehidupan mikroba, tetapi juga bahwa kehidupan yang ada berpotensi menumpang pada tiupan angin matahari menuju ke bumi. Kemungkinan untuk kehidupan mikroba di awan Venus telah diisukan sebelumnya, meskipun masih belum secara pasti dianggap mungkin.
Namun, pernyataan bahwa kehidupan mikroba ini berpotensi melayang dari Venus ke Bumi adalah ibarat novel, dan perdebatan. Awan di planet Venus dianggap yang terbaik untuk mahluk hidup planet tersebut karena ada suhu dingin dibandingkan pada permukaan yang terlalu panas, dan uap air telah terdeteksi di atmosfernya.

“Suhu dan tekanan sepenuhnya ada dan itu menyenangkan bagi kelangsungan hidup beberapa jenis mikroba,” kata Chandra Wickramasinghe peneliti dari Pusat Cardiff Astrobiology di Cardiff University di Wales. “Mikroba diketahui bertahan hidup di lingkungan yang sama di Bumi.” Secara khusus, bakteri yang telah ditemukan dalam kondisi ekstrim di mata air panas belerang di Bumi juga akan berkembang di awan Venus, katanya.

misteri planet venus
Wickramasinghe, menulis dengan rekan-penulis Janaki dalam edisi Juni 2008 jurnal Astrofisika dan Ruang Angkasa, lebih lanjut menunjukkan bahwa mikroba ini berpotensi dapat ditransfer dari Venus ke Bumi oleh angin matahari, arus partikel bermuatan yang terus terlontar dari matahari. Aliran ini dikenal kadang-kadang membawa partikel-partikel bermuatan, yang disebut ion, dari atmosfer atas Venus, meskipun tak seorang pun pernah memastikan bahwa itu bisa membawa partikel debu yang lebih berat atau mikroba dari Venus ke Bumi.

“Kami menunjukkan bahwa Venus dan Bumi sangat dekat dalam hal jarak,” kata Chandra Wickramasinghe SPACE.com. “Ada kesempatan di mana Venus dan Bumi yang selaras, yang akan menjadi waktu terbaik bagi setiap pertukaran materi dari Venus ke Bumi.” Kesesuaian ini seperti terakhir terjadi pada tahun 2004 dan berikutnya akan terjadi pada tahun 2012, katanya. Nah lho, apa yang akan terjadi di tahun 2012 ? Akankah udara bumi dipenuhi mikroba dari Venus? Misteri Jagad, itulah jawaban sementara

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PENGETAHUAN dengan judul MIKROBA DARI VENUS SEDANG MENUJU KE BUMI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2010/08/mikroba-dari-venus-sedang-menuju-ke.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Kamis, 05 Agustus 2010

Belum ada komentar untuk "MIKROBA DARI VENUS SEDANG MENUJU KE BUMI"

Posting Komentar