12 CARA KOMUNIKASI SEKS YANG PALING BAIK


Bagaimana saya bisa berkomunikasi dengan lebih efektif dengan pasangan saya?
Komunikasi seks bisa sangat sulit, bahkan antara orang-orang yang benar-benar ingin memahami satu sama lain. Tetapi komunikasi juga merupakan keterampilan, dan seperti keterampilan apa pun, dapat ditingkatkan dengan praktek dan pengetahuan.

1. Lingkungan dan ketersediaan. Apakah ini waktu dan tempat yang tepat untuk memulai diskusi ini? Sebuah ruangan yang penuh sesak mungkin bukan tempat terbaik untuk berdiskusi masalah-masalah hubungan seks. Pastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk bicara, bahwa Anda akan relatif bebas dari gangguan, dan bahwa Anda berada di tempat yang aman untuk mendiskusikan apa yang Anda butuhkan yaitu komunikasi seks.

2. Komitmen dan keinginan. Apakah kedua pasangan benar-benar ingin berbicara tentang masalah hubungan seks? Apakah Anda berdua sepakat pada isu itu? Apakah kedua pasangan siap dan bersedia untuk diskusi ini? Jika tidak, salah satu pasangan akan cenderung berbicara mendominasi pasangan lain.

3. Kejelasan Individu. Sebelum memulai diskusi serius, penting untuk memiliki beberapa derajat kejelasan tentang pikiran dan perasaan Anda sendiri. Apakah Anda tahu apa tujuan Anda untuk diskusi seks, dan sampai di mana batas Anda? Apakah pasangan Anda punya kesempatan untuk berpikir tentang masalah ini, atau ini akan menjadi kejutan bagi dia? Apakah salah satu atau kedua dari Anda perlu lebih banyak waktu untuk memilah-milah posisi individu sebelum berbicara masalah interpersonal?diskusi seks

4. Bahasa tubuh dan komunikasi nonverbal. Apa yang Anda katakan bisa ditekankan atau dirusak oleh bagaimana Anda mengatakannya. Jika Anda berteriak-teriak dalam menyampaikan pesan Anda, yakinlah pasangan akan bingung. Pikirkan diri Anda sebagai seorang aktor, apakah nada Anda sudah sesuai skenario? Bagaimana dengan pasangan Anda?

5. Pernyataan “Saya”. Daripada bicara tentang kekurangan pasangan Anda, kekurangan, kesalahan, dan kebodohan, cobalah untuk berfokus pada perasaan Anda sendiri, pikiran, dan kebutuhan. “Aku merasa sakit hati dan kesepian ketika Anda ditinggal sampai larut malam” jauh lebih kecil mungkin dianggap sebagai serangan daripada “Kau terlambat lagi, kamu tidak peduli tentang hubungan kita.” Akan lebih mudah bagi pasangan Anda untuk mendengar yang pertama daripada yang kedua.

6. Parafrase dan mendengarkan aktif. Cobalah untuk mengulang kembali ke pasangan Anda apa yang ingin dikatakannya kepada Anda sebelum Anda menjawab. Ini melayani dua tujuan. Pertama, menunjukkan pasangan Anda bahwa Anda mendengarkan dengan seksama apa yang dia katakan; kedua, pasangan Anda memberikan kesempatan untuk membersihkan setiap kesalahan persepsi atau salah ucap.

7. Pertanyaan. Meminta pasangan Anda untuk meluruskan hal-hal yang tidak mengerti adalah cara untuk mencapai hasil yang positif. Ini adalah kebalikan dari membaca pikiran, di mana Anda berasumsi bahwa Anda tahu apa yang pasangan Anda pikirkan tanpa bertanya. Pertanyaan datang dalam dua bentuk dasar: terbuka dan tertutup. Pertanyaan-pertanyaan tertutup mencari sepotong informasi khusus (dan tidak lebih), sedangkan pertanyaan-pertanyaan terbuka mengundang pasangan untuk memberikan sebanyak mungkin informasi yang dia inginkan. Pertanyaan-pertanyaan tertutup dapat digunakan (atau dianggap) sebagai jebakan (misalnya, “Apakah Anda merasa marah ketika saya bilang begitu?” Sebagai lawan “Bagaimana perasaan Anda ketika saya mengatakan bahwa….”)?

8. Negosiasi. Setelah Anda dan pasangan Anda telah menjelaskan keprihatinan Anda dan posisi masing-masing, Anda siap untuk memulai negosiasi solusi: “Ini masalahnya atau inilah yang saya butuhkan, apa yang harus kita lakukan?”

9. Kompromi. Dalam batas kemampuan Anda, di mana Anda tidak dapat bertemu pendapat dengan pasangan Anda apakah ada jalan tengah? Jika salah satu dari Anda adalah benar-benar tidak mau kompromi, diskusi Anda tidak mungkin produktif. Kompromi tidak sama dengan mengalah: jika Anda berada dalam posisi untuk berdiri teguh, Anda berada dalam posisi untuk kompromi.

10. Konsensus. Setelah membahas masalah ini, kedua belah pihak sepakat pada isi diskusi. Jika perubahan harus dilakukan, harus dilakukan oleh kedua belah pihak dan saling memahami apa yang terjadi, kapan, dan bagaimana.

11. Refleksi kembali. Setelah selesai, periksa untuk melihat apa yang Anda dan pasangan Anda rasakan. Apakah ada sisa sakit hati yang perlu diatasi?
12. Tindak lanjut. Anda berdua harus setuju untuk memeriksa kembali setelah beberapa waktu berlalu untuk melihat apakah perubahan yang telah disepakati bekerja, apakah ada informasi baru, atau jika seseorang memiliki masalah lebih lanjut atau perasaan yang perlu dibicarakan. Daripada membiarkannya terbuka, yang terbaik adalah setuju pada waktu tertentu untuk melihat kembali hasilnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PENGETAHUAN dengan judul 12 CARA KOMUNIKASI SEKS YANG PALING BAIK. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggi-cb.blogspot.com/2010/07/12-cara-komunikasi-seks-yang-paling.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ANGGY_cB - Minggu, 04 Juli 2010

Belum ada komentar untuk "12 CARA KOMUNIKASI SEKS YANG PALING BAIK"

Posting Komentar